Dengan menggunakan voltmeter yang di colok ke soket mobil didapatkan hasil sbb.
Saat mesin mobil mati tegangan aki mobil 12.3 V
Saat mesin mobil hidup tegangan aki mobil 14.5 V
Saat mesin mobil. AC. Lampu utama hidup tegangan aki mobil 14.4 V
Apakah hasil di atas hasil yang normal.
Menurut penelusuran di salah satu situs.
https://shop.advanceautoparts.com/r/advice/car-maintenance/car-battery-voltage-range
Tegangan aki normal saat mesin hidup berada di kisaran 13.7 - 14.7 V
Sedangkan tegangan aki normal saat mesin mati
12.6 V 100% terisi
12.4 V 75% terisi
12 V 25% terisi
11.9 V habis
Membandingkan dengan hasil tes, kesimpulan sementara.
Aki sudah tidak 100% terisi
Pengisian alternator masih normal.
Berikutnya.. cek ke toko aki
Akhirnya ketoko aki untuk di cek menggunakan alat cek bengkel.
Hasilnya
Pengukuran tegangan aki mesin mati menunjukan tegangan aki normal 13V
Kemudian diukur beban nya ternyata sudah masuk kategori not good.
Akhirnya daripada terjadi sesuatu dijalan dan mengingat usia aki yang sudah cukup berumur, tiba masanya mengganti aki.
Tipe aki yang diambil disamakan dengan bawaan mobil yaitu tipe aki Hybrid.
Aki yang lama sebelum diganti.
Aki lama setelah diturunkan. Secara fisik masih baik, tidak gembung. Hanya kotor dan kusam.
Aki baru terpasang (4 Mar 20). Dengan masa garansi 1 tahun. Setiap 2 bulan aki harus di cek rutin di bengkel agar garansi berlaku.
Pengecekan aki setelah terpasang.
Tegangan aki kondisi mesin mati. Menunjukan tegangan 13 volt (sebelum ganti 12.3 Volt).
Setelah mesin hidup, tegangan di aki saat mesin hidup.
Setelah mesin hidup, AC hidup dan lampu utama hidup tegangan di aki. Sedikit turun.
Saat diuji beban. Aki menunjukan posisi kuning. Menurut teknisi bengkel ini normal karena aki masih bawaan pabrik sehingga belum terisi penuh.
Demikian sekilas terkait aki mobil.
Bagaimana dengan aki mobil kalian? Komentar dibawah yaa..
No comments:
Post a Comment